Merawat Sepatu Basah di Musim Hujan

Di musim hujan seperti sekarang ini, kadang waktu sepatu safety yang kita pakai keseharian terserang percikan air bahkan juga mungkin saja terjeblos genangan air. Apabila sepatu anda sepatu kets memiliki bahan kanvas yang tahan air, anda dapat selekasnya membersihkan dan bersihkan sepatu anda itu. Baiknya tak memakai deterjen saat membersihkan sepatu, bersihkan dengan air hangat dan sabun mandi cair atau shampo dan saat menjemur janganlah segera terkena cahaya matahari.

Tetapi apabila sepatu anda memiliki bahan yang lain, baiknya kerjakan aksi perawatan di bawah ini supaya sepatu tak cepat rusak akibat terserang air.

Setibanya anda dirumah selekasnya bebaskan sepatu lantas lap dengan kertas koran hingga kering. Apabila bagian dalam sepatu turut basah, gumpalkan kertas koran dan masukan kedalam sepatu supaya koran dapat menyerap air. Ganti koran basah dengan koran kering, kerjakan hingga tak merasa kelembapan lagi pada kertas koran. Lantas jemur sepatu dalan kondisi berdiri supaya hawa dapat masuk ke semua arah. Apabila Anda mempunyai kipas angin, dapat memakai angin dari kipas itu.
Sepatu Kulit

Apabila sepatu anda terbuat dari kulit, jauhi kompor dan perlengkapan yang lain yang keluarkan panas karena bahan kulit dari sepatu itu dapat jadi keras atau kaku. Untuk sepatu kulit yang terserang air, lap dan keringkan selekasnya dengan spons atau kain penyerap air lantas angin-anginkan. Bercak kotor dan percikan air becek pada sepatu kulit yang lengket dapat digosok lembut dengan ampelas halus supaya tak melukai bahan kulit.

Di musim hujan, hawa yang lembab sering membuat sepatu kulit berjamur. Untuk mengatasinya, oleskan tidak tebal sepatu dengan petroleum jelly atau vaselin (bukanlah yang lotion). Kemudian semir sepatu seperti umum. Apabila ada matahari nampak, jemurlah sepatu dibawah atap, janganlah terserang cahaya matahari segera.

Aksi mencegah lain supaya sepatu tak berjamur yaitu jangan sampai menaruh sepatu kulit dalam plastik tertutup, terlebih apabila sepatu itu telah pernah digunakan karena umumnya akan menaruh kelembapan yang akan menyebabkan jamur apabila ada dalam kantung plastik yang lembab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s