Perlengkapan Welding

Peralatan welding ini begitu utama dipakai untuk satu diantaranya dalam pelaksanaan proyek fire hydrant sistem ataupun fire sprinkler sistem. Welding (pengelasan) adalah kegiatana pekerjaan untuk penyambungan bahan yang didasarkan pada prinsip-prinsip ikatan magnetic antar atom dari ke-2 bahan yang disambung. Keunggulan sambungan pengelasan yaitu konstruksi enteng, bisa menahan kemampuan yang tinggi, gampang pelaksaanya, dan cukup ekonomis dari pada beli baru. Tetapi kekurangan yang paling penting pengelasan yaitu terjadinya pergantian susunan mikro bahan yang di las, hingga berlangsung pergantian karakter fisik ataupun mekanis berbahan yang di las. Untuk membuahkan pengelasan yang baik diperlukan peralatan welding yang sesuai sama standard yang sudah diputuskan.

Sebagian Peralatan Welding untuk Keselamatan Kerja

Peralatan welding yang harus dipakai mesti komplit untuk safety/keselamatan kerja pemakainya sebelumnya aktivitas welding. Tersebut sebagian peralatan welding yang harus dipakai diantaranya :

  1. Mesin welding AC/DC adalah las pembangkit arus AC/DC yang dipakai ketika sistem welding. Untuk mesin welding dalam pengoperasiannnya terdapat banyak yang masihlah manual, tetapi lantaran perubahan tehnologi era ini sudah banyak mesin las yang pemakaiannya automatis. Satu diantara peralatan welding ini adalah inti dari sistem pengelasan.
  2. Welding glove/Argon glove adalah sarung tangan membuat perlindungan tangan pemakai dari bahaya radiasi cahaya yang dibuat ketika sistem welding berjalan serta membuat perlindungan tangan pemakai tangan pemakai dari percikan api yang dibuat pada sistem pengelasan. Oleh karenanya satu diantara peralatan welding ini mesti ada.
  3. Welding safety helmet/Welding shielding manfaat dari helm ini membuat perlindungan mata pemakai serta daerah sekitaran muka ataupun kepala. Jadi satu diantara pelengkapan welding ini mesti di gunakan waktu lakukan pengelasan. Untuk welding safety helmet di desaint 2 bentuk untuk daerah muka saja serta full face yang membuat perlindungan semua kepala.
  4. Sepatu safety khusus welding yang bisa menahan panas hingga 100 derajat celcius. Dapat menjaga kaki anda dari panas berlebih.
  5. Shielding gas/gas pelindung harus dipakai membuat perlindungan daerah busur las, media gas yang dipakai yaitu argon serta helium.
  6. Gas Flowmetter berperan untuk mengatur desakan gas yang bakal dipakai didalam pengelasan gas tungsten. Pada gas flowmeter ada jarum jam tunjukkan desakan kerja serta desakan gas didalam tabung juga tunjukkan besarnya aliran gas pelindung.
  7. Stang Las/TIG torch berperan untuk menjadikan satu system las yang berbentuk penyalaan busur serta pelindungan gas lindung sepanjang sistem pengelasan. Oleh sebab hal semacam ini peralatan welding yang satu adalah alat yang paling utama dipakai dalam sistem pengelasan
  8. Kabel, selang gas, serta penglengkapan pengikat. Kabel berperan untuk menghantarkan arus listrik dari mesin las menuju stang las. Lalu selang gas dipakai untuk mengalirkan gas dari mesin welding menuju stang welding. Sedang peralatan pengikat dipakai untuk mengikat selang dari tabung menuju mesin welding, serta dari mesin welding menuju pembakar las.
  9. Elektroda tungsten berperan untuk pembangkit busur nyala sepanjang dikerjakan sistem welding/pengelasan. Elektroda ini tak berperan sebagai bahan penambahan. Peralatan
  10. Kawat las/Filler metal kawat las ini sebagai bahan penambahan yang dipakai untuk isi sambungan las. Alat ini adalah satu diantara peralatan welding yang harus ada untuk menyambungkan besi yang bakal di las.
  11. Assesories lain Arti dari assesories lain yang bisa dipakai pada sistem welding bergantung keperluan dilapangan. Umpamanya gas lense, ukuran ceramic, ukuran tungsten, ukuran collet, ukuran cap dan sebagainya.

Undang-Undang Welding atau Pengelasan

Basic hukum welding (pengelasan) di Indonesia di atur oleh undang-undang. Tersebut Undang-undang dalam pengelasan di Indonesia diantaranya :

  • U. U No 1 memerhatikan UU no. 1 th. 1970 : mengatur keselataman keselamatan kerja disemua tempat kerja beragam type perlengkapan, temasuk perlengkapan kerja las (PKK & KKL).
  • Per. 02/MEN/1982, mengenai kwalifikasi zjuru las di tempat kerja
    Ketentuan lain yang terkait dengan pekerjaan las, umpamanya ketentuan bejana tekan serta pesawat duit.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s