Keselamatan Kerja Bidang Kelistrikan

Keselamatan kerja adalah segi yang berkaitan dengan keselamatan dan kesejahteraan pekerja pada institusi yang mempunyai tujuan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. Satu diantara pekerjaan yang mempunyai resiko tinggi pada pekerjaan yaitu yang terkait dengan listrik. Di Indonesia, setiap tahunnya banyak pekerja listrik (elektris) cidera dan wafat akibat tak mematuhi ketentuan keselamatan kerja. mengambil jalan pintas supaya pekerjaan cepat usai tanpa ada mematuhi prosedur keselamatan yang bisa menyebabkan fatal, seperti hilangnya nyawa, cidera, dan bisa dituntut sesuai sama hukum yang berlaku. Oleh sebab itu selalu menggunakan APD untuk melindungi anda ketika bekerja. minimal gunakan sepatu safety anti listrik agar dapat terhindar dari sengatan listrik.

Bahaya umum listrik

Pekerja elektris begitu punya potensi terserang beragam jenis bahaya seperti tersengat listrik, terjatuh, dan kebakaran termal. Pada sebagian contoh itu, hal paling umum kemungkinan yang bisa menyebabkan sengatan listrik, adalah

  • Kabel terbuka (kabel telanjang)
  • Perlengkapan atau kabel yang rusak
  • Outlet rusak dan penutupnya hilang
  • Menggunkaan kabel listrik yang rusak
  • Pemakaian kabel penambahan yg tidak benar
  • Outlet listrik yang berlebihan
  • Bekerja pada keadaan yang basah

Untuk mengecilkan resiko akibat listrik, maka pekerja mesti ikuti ketentuan Keselamatan Kerja Bagian Kelistrikan, satu diantaranya lewat standarisasi Cal/OSHA (Occupational Safety and Health Administration)

Ketentuan Cal/OSHA untuk keselamatan listrik

OSHA mempunyai pertauran untuk tingkatkan keselematan pekerja dan keadaan kerja yang sehat. Ketentuan ini diisi 8 judul dari California code of regulation (T8CCR). Beberapa besar ketentuan kesehatan dan keselamatan listrik bisa diketemukan di T8CCR, Bab4, sub-bab 5
Apa yang bisa anda kerjakan untuk Keselamatan Kerja Bagian Kelistrikan

Pekerja bisa menghindar sengatan listrik dan cidera akibat bahaya listrik lewat cara :

Tahu sistem terjadinya sengatan listrik

Hal semacam ini begitu penting untuk dipahami karena sengatan listrik bisa berlangsung tanpa ada melibatkan kontak fisik dengan bagian aliran listrik saat memiliki tegangan yang cukup. Parahnya badan akibat sengatan listrik bergantung pada laju aliran listrik yang menyebar ke badan, lama saat sengatan listrik yang berlangsung pada badan dan jalur arus yang menyengat badan.

Mengetahui potensi bahaya sekitaran kerja yang melibatkan listrik

Pekerja listrik mesti mengetahui/mengidentifikasi semua bentuk potensi bahaya listrik yang ikut serta dalam pekerjaan. Pekerja mesti mengetahui kesempatan terjadinya sengatan listrik saat bekerja dengan tegangan tinggi, keadaan kerja basah, berkeringat dan tak menggunakan alat pelindung diri. Sebelumnya kerja diawali, begitu penting untuk mengetahui dan mengidentifikasi semuanya keadaan bahaya yang ada.

Ikuti ketentuan Cal/OSHA

Sebagian ketentuan umum yang sudah diringkas mencakup :

  • Tak ada kerja yang usai pada pekerjaan yang sistem kelistrikan terbuka
  • Mesti senantiasa meyakinkan sirkuit energy dalam kondisi terkunci ketika dipakai dan dicek ketika energy dimatikan/sirkuit tak dialiri energy
  • Sesudah perkerjaan usai, mesti di yakinkan kembali alat-alat listrik dipasang dengan cara lengkap
  • Sebelumnya bekerja kontruksi, pekerja mesti tahu tiap-tiap bagian dari sirkuit daya energy listrik yang akan kontak dengan pekerja.
  • Melindungi jarak sekitaran panel

Yakinkan ada izin yang ideal untuk menjalankan dan service perlengkapan listrik dengan aman. Peluang kalau seseorang pekerja mungkin akan terperanjat bertambah saat bekerja pada perlengkapan dengan bagian-bagian daya dan terserang di ruangan sempit. Minimal kelonggaran berdasar pada laju tegangan perlengkapan dan keadaan kerja.

Memakai alat pelindung diri

Memakai alat pelindung yang pas seperti sekering dan pemutus sirkuit, landasan, dan sakelar yang begitu penting dalam semuanya karya listrik untuk menyingkirkan bahaya listrik.

Ikuti instruksi pabrikan dan latihan bekerja sehat.

Hal yang paling penting dalam bekerja yaitu ikuti semua instruksi pabrikan dan bekerja dengan cara sehat dengan menggunakan alat pelindung diri. Dalam instruksi pabrikan sudah diterangkan untuk memakai komponen kelistrikan dengan cara baik hingga bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. latihan bekerja sehat dapat juga memberi disiplin pengetahuan yang bisa diaplikasikan pekerja hingga tahu apa sajakah yang akan dipakai dan dikerjakan ketika bekerja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s